27 Jan 2011

KONFIGURASI IP ADDRESS di SLES 11 SP1/OPENSUSE 11.3

KONFIGURASI IP ADDRESS di SLES 11 SP1/OPENSUSE 11.3

“Apa fungsi dari IP address ?” sepertinya sebuah pertanyaan yang ga perlu gw jawab yah, gw yakin dasar jaringan udah pada mengerti semua J, tutorial ini menjelaskan proses konfigurasi IP address dimana tutorial ini akan jadi dasar untuk gw membuat tutorial baru kedepannya

FYI, tutorial ini ( gw tau tutor konfigurasi IP addres itu cupu banget :D ) dan kedepannya gw akan menggunakan sistem operasi Linux dengan distro OpenSUSE/SLES yang uda gw pelajari dari gw masih SMK :D.






























Klik Computer – YaST untuk memulai konfigurasi IP address















Masukkan password user root karena user root yang memiliki semua hak akses


 





Pilih Network Devices – Network Settings untuk melakukan konfigurasi IP Address


 
Klik nama NIC yang akan di konfigurasi, kemudian klik Edit






Kemudian masukkan alamat IP dan subnet masknya contoh : IP Address : 192.168.1.100 Subnet Mask : /24 lalu klik Next



Lalu klik Tab Hostname/DNS, jika PC terhubung dengan internet isikan Name Server dengan alamat DNS menyesuaikan dengan ISP, kemudian klik Tab Routing.



Isikan IP address gateway/ip address modem, lalu klik OK dan tunggu hingga proses konfigurasi selesai.


Setelah proses konfigurasi selesai, tekan CTRL + F2 ( kaya Windows Key + R :D ) kemudian ketikkan gnome-terminal lalu klik Run



Kemudian ketikkan su untuk login menggunakan user root lalu ketikkan # ifconfig, maka akan muncul informasi IP address yang sebelumnya sudah di konfigurasi.
Cukup mudah, kan? Karena konfigurasi IP address ini menggunakan aplikasi YaST yang saat ini hanya ada di OpenSUSE/SLES ( berarti nantinya bakal ada Distro lain yang menggunakan YaST juga :D ) semoga tutorial ini membantu
untuk versi PDF nya bisa di download disini


Tidak ada komentar:

Posting Komentar