6 Feb 2011

Uji Coba OpenSUSE 11.4 M6 di VirtualBox 4.0

Uji Coba OpenSUSE 11.4 M6 di VirtualBox 4.0

Nah, kebetulan abis download beberapa ISO linux dari repository IPB, gw iseng-iseng nyobain salah satunya yang dari dulu pengen gw cobain yaitu OpenSUSE 11.4. Yah, meskipun masih M6 ( Milestone 6 ) dan LiveCD GNOME tapi engga ada salahnya buat dicoba, kan ? :D tapi dikarenakan keterbatasan Hardware ( gw ga punya PC sendiri soalnya, hehehe ) jadinya gw mencoba di laptop abang gw yang pake OS Windows XP dengan menggunakan VirtualBox 4.0, nah ayo kita lihat apa saja yang baru di OpenSUSE 11.4 M6.

tampilan booting OpenSUSE 11.4 GNOME LiveCD



system monitor GNOME 2.32.1

Nah, dari system monitor udah keliatan OpenSUSE Release 11.4 (Celadon) menggunakan kernel linux versi 2.6.37-20-default dan menggunakan Desktop GNOME versi 2.32.1

OpenSUSE 11.4 M6 menggunakan LibreOffice 3

OpenSUSE 11.4 M6 juga sudah menggunakan LibreOffice 3 yang merupakan fork-project dari OpenOffice, dan menurut pengalaman gw pernah pake LibreOffice 3 engga beda-beda banget dari OpenOffice, tata letak icon dan fungsi-fungsinya, jadi pengguna OpenOffice tidak perlu kesusahan kalo pindah menggunakan LibreOffice :D.

Mozilla Firefox 4.0 Beta

Untuk sisi web browser, OpenSUSE masih tetap menggunakan Mozilla Firefox web browsernya hanya saja sekarang di OpenSUSE 11.4 M6 menggunakan Mozilla Firefox versi 4.0 Beta :D.

OpenSUSE 11.4 M6 ternyata mempunyai beberapa aplikasi bleeding edge yang "wah" :D, kernel linux 2.6.37-20, LibreOffice 3, Firefox 4 beta, dan GNOME 2.32.1. Sayangnya gw ga bisa mencoba beberapa fitur baru dari GNOME OpenSUSE 11.4 M6 dikarenakan laptop dipake banyak umat :D jadi mesti gantian . hehehhe . Insyallah di posting berikutnya gw bakal coba install langsung ke laptop abang gw :D . Post u later .

1 komentar: