19 Feb 2011

Konfigurasi MikroTik sebagai Proxy Server Transparan






Sesuai tulisan gw mengenai Konfigurasi MikroTik sebagai Gateway Server, dari konfigurasi pada tutorial tersebut bisa berkembang menjadi Proxy Server atau Bandwidth Limiter.
Nah, tutorial kali ini akan menjelaskan Konfigurasi MikroTik sebagai Proxy Server Transparan, fungsi dari Proxy itu sendiri bisa di lihat disini singkatnya berfungsi sebagai cache server yang menyimpan elemen-elemen dari web yang sedang direquest sehingga jika di request kembali oleh PC client lain akan terasa lebih cepat.

Proxy juga berfungsi sebagai blocking seperti tutorial Konfigurasi Squid Server di OpenSUSE 11.3/SLES 11 SP1 tapi konfigurasi ini belum menjelaskan untuk melakukan blocking pada MikroTik RouterOS, konfigurasi blocking nya menyusul yah :D . hehehhehe

maksudnya Transparan ? servernya engga keliatan, invisible server, heheheh. maksud dari Transparan itu PC client yang terhubung dengan Gateway yang sudah dikonfigurasi proxy transparan, secara otomatis request-request dari PC Client tersebut akan melewati Proxy server meskipun web browsernya tidak dikonfigurasi menggunakan proxy server.

Konfigurasi MikroTik sebagai Proxy Server Transparan


Skema jaringan masih tetap sama dengan tutorial Konfigurasi MikroTik sebagai Gateway (maaf, gambar skema jaringannya masih belum ada :D )

MODEM ADSL == ether1-PC MikroTik+Proxy-ether2 == Switch == PC Client 1 2 3

lakukan konfigurasi proxy pada PC Mikrotik

ip proxy set enabled=yes port=8080 src-address=0.0.0.0 cache-on-disk=yes max-cache-size=unlimited

kemudian lakukan beberapa konfigurasi firewall untuk meredirect port ke proxy

ip firewall nat add chain=dstnat protocol=tcp in-interface=ether2 dst-port=80 action=redirect to-ports=8080
ip firewall nat add chain=dstnat protocol=tcp in-interface=ether2 dst-port=3128 action=redirect to-ports=8080
ip firewall nat add chain=dstnat protocol=tcp in-interface=ether2 dst-port=8080 action=redirect to-ports=8080

kemudian setelah konfigurasi proxy dan firewall sudah selesai, uji coba pada pc client dengan melakukan browsing ke beberapa web lalu ketikkan pada PC MikroTik untuk menampilkan status dari proxy server

ip proxy monitor

Nah, seharusnya konfigurasi diatas sudah berhasil ( udah gw coba soalnya :D) dan dari perintah terakhir akan menampilkan status dari proxy server. semoga berhasil, jika menemukan masalah pada konfigurasi diatas silahkan komen aja :)

2 komentar:

  1. gak pernah coba pake proxy server yang external ya? misal ada cpu tambahan (nanti diinstal ubuntu server 10.04 )

    BalasHapus